fbpx
godaddy-siteseal-dirgantara-car-rental
Bandung Rent Car
Monday to Sunday, 24 Hours

Situ Patenggang, Tempat Eksotik Penuh Damai di Bandung Selatan

Ingin mendamaikan pikiran dan menghilangkan segala jenuh dan penat? Datang saja ke Situ Patenggang yang ada di kawasan Ciwidey, Bandung Selatan. Situ Patenggang yang berada di kawasan alam yang masih sangat asri memang akan membuat siapa pun yang datang akan merasakan kedamaian dan perasaan rileks yang optimal. Tapi bukan hanya kegiatan rileksasi saja yang bisa Anda lakukan, sebab di danau seluas sekitar 45.000 hektar ini ada beragam aktivitas menarik lain yang dapat dilakukan.

Kisah Dibalik Situ Patenggang

Sebelum membahas pesona Situ Patenggang, kita harus tahu kisah dibalik danau ini. Jadi di kawasan Situ Patenggang memang ada mitos yang mengkisahkan cerita cinta ki Santang dan Dewi Rengganis. Setelah lama terpisah dan bertemu di area sekitar Situ Patenggang bernama Batu Cinta, Dewi Rengganis ingin dibuatkan danau dan perahu. Nah danau yang diminta Dewi Rengganis inilah yang kemudian menjadi Situ Patenggang dan perahunya berubah menjadi pulau yang dikenal dengan nama Pulau Asmara atau Pulau Sasaka. Dari kisah ini kemudian muncul mitos bila siapa pun pasangan yang mendatangi Batu Cinta dan mengelilingi Pulau Asmara maka cintanya akan langgeng.

Pesona Situ Patenggang

Seperti yang sedikit disinggung sebelumnya bahwa Situ Patengang ini berada di kawasan alam yang masih asri dan membuat suasananya begitu menenangkan. Sajian alam yang membuat spesial Situ Patenggang ini adalah adanya panorama perkebunan teh dan juga pemandangan pegunungan di sekitarnya. Situ Patenggang yang sudah ditetapkan sebagai Cagar Alam dengan luas 123.077,15 hektar ini memang akan membuat siapa pun yang ingin merasakan suasana alam sesungguhnya akan puas. Belum lagi dengan udara dingin dan segar di Situ Patenggang, pastinya akan membuat Anda bisa melakukan kegiatan rileksasi dengan optimal.

Aktivitas di Situ Patenggang

Selain rileksasi, di kawasan wisata dengan ketinggian 1600 mdpl ini ada beberapa aktivitas menarik lain yang bisa Anda lakukan. Trekking menjadi aktivitas menarik pertama yang bisa Anda lakukan. Trekking di Situ Patenggang sendiri akan membuat Anda menjumpai “Batu Cinta” yang melegenda. Selain itu Anda juga bisa menyusuri danau dengan perahu untuk mendatangi Pulau Asmara yang juga melegenda. Kegiatan naik perahu menyusuri danau ini akan menghadirkan suasana romantis bila Anda melakukannya bersama pasangan. Kegiatan atau aktivitas menarik berikutnya yang bisa dilakukan di Situ Patenggang adalah mencoba beberapa wahana permainan air sepetti sepeda air, perahu boat dan dayung. Jangan lupakan juga kegiatan memancing di sekitar danau yang mengesankan bagi Anda yang menggemarinya.

Fasilitas

Bicara mengenai fasilitas di objek wisata Situ Patenggang, kita akan mendapati banyak hal. Keadaan fasilitas yang baik di destinasi ini dikarenakan pengelolaannya yang profesional. Beberapa fasilitas yang bisa kita dapati di Situ Patenggang ini antara lain area parkir, gazebo, tempat ibadah, kamar mandi, WC, toko buah, toko souvenir, Situ Patenggang Kapal Pinisi Resto hingga penginapan Glamping Lakeside.

Tiket Masuk dan Lokasi

Untuk bisa menikmati wisata di Situ Patenggang ini Anda perlu menyiapkan dana Rp 18.000/orang pada hari biasa. Sementara itu pada akhir pekan, harga tiket masuknya menjadi Rp 20.000/orang. Situ Patenggang sendiri bisa Anda temui di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

Karena medan untuk menuju ke Situ Patenggang ini cukup menantang, maka disarankan Anda mengunakan kendaraan sewa agar lebih tenang dan nyaman. Salah satu sewa mobil Bandung yang akan membuat kunjungan Anda ke Situ Patenggang terasa berkesan adalah Dirgantara Car Rental. Selain profesional, Dirgantara Car Rental merupakan rental mobil Bandung yang sudah berpengalaman selama lebih dari 30 tahun.

Need Help? Chat with us